sekdes.com
Home > Berita > Tujuh Negara Muslim Dicekal AS

Tujuh Negara Muslim Dicekal AS

Liputan: T.W. Santoso.

–Baru saja lebih dari seminggu menjabat secara resmi sebagai Presiden Amerika Serikat, Donald J. Trump telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang kontroversial. Salah satunya adalah merealisasikan janji politiknya semasa kampanye yaitu melakukan pembatasan terhadap Umat Muslim untuk bisa masuk ke wilayah Amerika Serikat.

Pembatasan yang dilakukan Trump terhadap Umat Muslim secara spesifik telah merujuk pada tujuh Negara Islam yakni Irak, Iran, Suriah, Somalia, Sudan, Libya, dan Yaman. Secara garis besar isi dari kebijakan adalah melarang Umat Muslim dari tujuh negara yang disebutkan untuk masuk ke wilayah Amerika Serikat paling tidak selama sembilan puluh hari ke depan terhitung sejak kebijakan tersebut ditetapkan.

Jika alasan Trump melarang Umat Islam dari tujuh negara di atas untuk memasuki wilayah Amerika Serikat adalah sebagai langkah pencegahan terhadap aksi teror, maka alasan tersebut dinilai kurang tepat mengingat aski teror yang pernah terjadi justru pelakunya kebanyakan bukan berasal dari ketujuh negara yang dicekal oleh Trump.

Kebijakan Trump Ini memicu reaksi keras dari Iran dengan ikut melarang warga AS masuk ke negaranya. Alhasil, kebijakan Trump tersebut menuai protes dan kecaman dari dalam negerinya sendiri, terutama bagi para penggiat HAM dan aktivis kemanusian karena tindakan Trump dinilai sebagai langkah kemunduruan bagi dunia hak asasi manusia dengan mendeskritkan golongan dan etnis tertentu. (Diolah dari berbagai sumber)

Sekdes Media
Media Berita dan Opini | Media Informasi dan Berita | Mendekatkan pembaca dengan kabar aktual seputar seni, olah raga, kuliner, sospol.
Top
%d blogger menyukai ini: